Yuk Ketahui 6 Teknik Pembuatan Pallet Plastik Berikut Ini

Pallet plastik pada umumnya memiliki beragam macam jenis. Anda bisa menggunakannya berdasarkan jenis yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan. Untuk Anda yang baru mengenal pallet plastik, bisa membaca informasi ini untuk mengetahui jenis-jenis pallet plastik yang ada di pasaran.

Berbicara mengenai daur ulang, pallet plasti itu sendiri memerlukan mesin khusus dan metode-metode untuk mencetaknya sesuai model yang diingkan, seperti:

1. The High Impact Injection Moulding

 

Metode ini menggunakan campuran panas yang ditekan ke dalam cetakan untuk membentuk limbah yang telah didaur ulang menjadi model yang diinginkan. Melalui proses ini, pallet plastik akan memiliki keistimewaan yang sangat padat dan kuat karena cairan panas yang dibentuk telah mengeras dengan sempurna.

2. Structural Foam Injection Moulding

 

Hampir sedikit mirip dengan metode “The High Impact Injection Moulding”, metode ini lebih difokuskan pada penggunaan tekanan yang rendah pada cairan panas yang meleleh kemudian diberikan suntikan ke dalam cetakan. Hasilnya bisa memberikan flexibelitas yang baik pada pallet.

3. Thermoforming

Limbah plastik dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi hingga mencapai titik kelenturan tertentu kemudian dibentuk dengan cetakan/model lalu dipotong sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

4. Rotational Moulding

Model yang ingin dibeentuk harus melalui percetakan panas dengan suhu tinggi dan tekanan rendah kemudian diperlakukan dengan rotasi dua sisi sampai membentuk pallet. Cara ini termasuk daur ulang dengan biaya rendah karena untuk membeli peralatan vacuum forming dan twin-sheet thermoforming tidak terlalu mahal harganya.

5. Extrusion Moulding

Cara ini dilakukan dengan melelehkan plastik hingga melunak dalam barrel. Dengan begitu, gesekan antar materiak akibat putaran sekrup akan terjadi dan membuat proses daur ulang menjadi pallet plastik lebih cepat.

6. Vacuum Termoforming

Mengguakan cetakan besar sebagai wadah yang diisi dengan damar dalam butiran yang sangat kecil sekali. Cetakan akan berputar cepat dalam tingkat suhu panas yang tinggi sehingga menghasilkan kekuatan untuk menekan damar agar cepat meleleh ke dalam cetakan yang akan membantuk pallet. Proses ini menghabiskan waktu paling lama dibandingkan cara metode lainnya.

7. Twin-Sheet Thermoforming

Prosesnya hampir sama dengan Vacuum Termoforming, namun yang membedakannya adalah adanya 2 lempengan kembar plastik di dalamnya. Kedua lempengan yang ada akan ditarik ke dalam cetakan pada waktu yang bersamaan lalu keduanya akan diikat dengan panas yang dihasilkan.

Nah, sekarang sudah tahu bukan tentang teknik-teknik pembuatan pallet plastik melalui proses daur ulang? Jika Anda mencari perusahaan yang jual pallet plastik, kami bisa membantu Anda untuk menemukan harga pallet plastik yang terjangkau untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *