Waktu Tepat Untuk Klaim Asuransi Kendaraan

asuransi mobil

Saat melakukan klaim asuransi kendaraan, kadang anda kebingungan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Karena banyak pemegang asuransi yang gagal di tengah jalan karena tidak mengerti waktu yang tepat untuk melakukannya, sehingga mereka hanya menghabiskan waktu dan tidak menemukan solusi dari asuransi yang mereka miliki.

asuransi mobil dari garda oto

Sebelum anda mengetahui kapankah waktu yang tepat untuk melakukan klaim, ada baiknya bila anda mengetahui terlebih dahulu alasan banyak orang ditolak saat melakukan klaim asuransi pada kendaraannya.

1. Polisi sedang tidak aktif

Sebuah polis asuransi bisa saja berada dalam kondisi tidak aktif karena beberapa hal, dimana kondisi ini biasa disebut dengan lapse. Pada kondisi ini pihak asuransi tidak akan mau membayar klaim, dan berikut ini alasan klaim asuransi mengalami lapse.

  • Pembayaran premi asuransi jatuh tempo karena sudah melewati masa tenggang.

Setiap asuransi pastinya memiliki waktu Tenggang yang berbeda-beda, namun rata-rata pinggang tersebut sekitar 45 hari kerja. Bila peristiwa terjadi setelah masa itu, asuransi tidak akan bisa anda klaim.

  • Apabila polis asuransi berbentuk unitlink

Polis dianggap lapse bila nilai tunai asuransi tidak cukup untuk menutupi biaya asuransi, di mana ada dua penyebab tidak cukupnya nilai tunai. Yakni kinerja investasi yang tidak baik dan juga nilai tunai yang sering dicairkan, dan untuk menghindarinya anda perlu melakukan top up di waktu tertentu saat kinerja investasi sedang buruk.

2. Klaim asuransi kendaraa tidak tercakup dalam klausul

Polis asuransi berisi sebuah kesepakatan yang meliputi kriteria tertentu masuk dan tidaknya dalam tanggungan asuransi, sebagai contoh dalam beli asuransi digital online untuk mobil dengan jenis total loss only yang dimaksudkan sebagai rusak berat bisa berbeda-beda antara satu asuransi dengan Asuransi lainnya. Bisa jadi minimal 70 hingga 75%, atau bahkan hingga 80%. Dari sini pihak asuransi akan menanggung kerusakan bila kendaraan mengalami kerusakan lebih dari angka tersebut.

3. Pengajuan klaim melebihi waktu yang sudah ditentukan

Inilah yang sering menjadi Dilema masyarakat pemegang asuransi, di mana mereka sering mengalami penolakan pengurusan asuransi karena waktu yang ditentukan sudah melebihi batas nya. Pihak asuransi selalu memberikan batas waktu untuk pengurusan klaim, bila lewat dari waktu itu maka klik bisa saja ditolak dan gagal. Klaim asuransi mobil seperti di garda oto memiliki batas sebanyak 5 hari, namun setiap pemberi asuransi biasanya memiliki batas waktu tersendiri.

4. Tidak lengkapnya dokumen klaim

Pastikan sebelum anda melakukan klaim, anda telah mengetahui semua dokumen yang harus disediakan dalam pengajuan klaim asuransi kendaraan. 1 saja dokumen anda kurang, maka asuransi akan menolak klaim yang anda ajukan. Ikutilah prosedur dengan benar, mulai dari pengambilan foto kerusakan mobil, dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan lainnya.

Tentunya masih ada banyak masalah yang bisa membatalkan klaim, namun masalah utama yang sering dialami orang yang memegang asuransi adalah masalah waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *