Tips Dalam Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Tips Dalam Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Merawat bayi yang bukanlah hal yang mudah, terlebih bagi mereka pasangan muda yang baru pertama kali melahirkan. Tentunya masih butuh arahan dari orang tuanya. Bayi yang baru saja lahir memang sangat diperlukan perlakuan yang ekstra agar sang bayi bisa tumbuh sehat.

Tips Dalam Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Inilah beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam merawat bayi bayu lahir, diantaranya yaitu:

  1. Berikanlah ASI sebagai makanan utama bayi yang baru lahir. ASI memang makanan utama bagi si bayi yang harus anda penuhi. Dengan ASI si bayi bisa tumbuh dengan sehat.
  2. Anda pun juga harus selalu menjaga kebersihan badan, pakaian serta tempat tidur untuk si bayi. Untuk menjaga kebersihan badan pada bayi baru lahir, mandikanlah sebanyak dua kali sehari. Gunakanlah produk bayi yang aman mulai dari shampo, sabun dan lainnya. Sedangkan untuk baju bayi baru lahir, pastikanlah sudah dicuci bersih sebelum anda pakaikan pada bayi.
  3. Anda pun juga perlu merawat tali pusat bayi baru lahir. Biasanya tali pusar bayi baru lahir akan terlepas dengan sendirinya dalam kurun waktu 4 hari. Tali pusat memang harus dijaga kebersihannya agar tidak terkena infeksi. Inilah langkah cara merawat tali pusat bayi yang baru lahir, yaitu:
    • Pastikanlah tali pusat bayi dan juga daerah sekitarnya selalu dalam keadaan kering. Hal ini bertujuan agar terhindar dari yang namanya infeksi.
    • Hindarkan pula tali pusat bayi baru lahir dari air kencingnya atau kotorannya.
    • Sterilkan tali pusat si bayi dengan kassa yang telah dibasahi dengan alkohol dari pangkal kebagian ujungnya. Lalu anda pun bisa membungkusnya dengan kassa yang telah dibasahi alkohol.
Tips Dalam Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Tips Dalam Merawat Bayi Yang Baru Lahir

  1. Anda pun juga perlu menggunakan kosmetika bayi yang sesuai. Apa sajakah sebenarnya produk kosmetika untuk si bayi? Inilah di antaranya: hair lotion, baby cologne, baby cream, baby powder, baby lotion, baby oil, baby shampoo, baby bath dan sebagainya. Namun hentikan pemakaian produk kosmetik jika menimbulkan bercak merah pada kulitnya.
  2. Kenalilah penyakit yang kerap menyerang kesehatan bayi baru lahir. Penyakit bayi baru lahir itu bisa saja seperti demam setelah ia di imunisasi, infeksi pada matanya, lidah berjamur, hidungnya tersumbat dan lain sebagainya. Jika sudah begitu atasilah penyakitnya dengan cepat.
  3. Ciptakanlah lingkungan yang aman untuk si bayi. Cegahlah gigitan nyamuk pada bayi. Anda bisa memasang kelambu agar terhindar dari gigitan nyamuk.

Itulah tadi beberapa cara yang perlu anda perhatikan untuk merawat bayi baru lahir dengan baik dan benar. Jangan sampai anda melupakan berbagai hal di atas. Semuanya demi tumbuh kembang untuk si bayi. Untuk itu lakukanlah perawatan yang benar pada bayi yang baru lahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *