Sejarah Alat Ukur CMM yang Banyak Digunakan Masa Kini

alat ukur cmm dynatech international

Ulasan artikel ini masih membahas terkait dengan dunia industri, lebih spesifik dengan dunia teknik mesin yang biasanya banyak digunakan oleh para engineer untuk melakukan uji coba ataupun kegiatan lainnya. Apakah sebelumnya Anda tahu apa itu alat ukur CMM? Bila dilihat dari kalimatnya, tentu ini adalah suatu alat ukur, tapi sebenarnya alat untuk mengukur apa?

Mereka yang terbiasa dalam dunia teknik, umumnya memiliki cukup banyak pengetahuan mengenai alat ukur dan metode yang digunakan. Oke sekarang kita mulai.

Alat ukur CMM (Coordinate Measuring Machine) adalah suatu alat pengukuran multi fungsi yang memiliki kecepatan tinggi agar bisa menghasilkan tingkat akurasi dan efisiensi dalam pengukuran yang dilakukan. Dilansir dari Wikipedia, pada CMM kontak antara probe dengan benda kerja menghasilkan kordinat maka pada mesin CMM menggunakan batalan udara (air pad bearing) sehingga gerakannya sangat halus.

Keunggulan alat ukur CMM:

– Dapat menentukan dan mengukur titik koordinat benda di mana pun dengan mudah
– Memiliki tingkat akurasi yang tinggi
– Dengan tingkat kehandalan pengolahan data, alat ini bisa langsung mencetak data secara real time
– Sangat mudah dilakukan konfigurasi

Awalnya, alat ini dikembangkan oleh Perusahaan Ferranti yang berada di Skotlandia pada tahun 1950-an sebagai solusi alternatif untuk mengukur komponen dengan tingkat presisi yang baik untuk keperluan militer. Dulunya, hanya ada 2 sumbu karena masih terlalu baru. Namun, seiring berkembangnya waktu, tepatnya setelah 10 tahun berlalu pada tahun 1960-an, model sumbu menjadi 3 dan mulai digunakan secara massal oleh banyak negara.

Baca juga: Rumus Uji Kekerasan (Hardness Tester) dengan Metode Rockwell

Perlu diketahui ada 3 bagian Coordinate Measuring Machine:

1. Main Structure
2. Probing System
3. Data Collection

Setiap bagian memiliki peranan penting dan memiliki fungsi khusus untuk menghasilkan hasil pengukuran yang baik.

Beberapa komponen teknis yang ada dalam alat ini seperti,

– working table
– support
– air bearing
– axi guideways
– motor
– joystick
– controller
– probe head
– sensor-sensor
– linear scale
– software

Untuk bisa mengoperasikan alat ukur ini, ada baiknya Anda mengetahui cara kerja yang digunakan. Jika perlu, Anda bisa mencari referensi informasi melalui internet ataupun youtube untuk menggunakannya. Sekarang ini, alat ukur CMM banyak digunakan oleh perusahaan, di bidang pelayaran dan industri yang terkait lainnya untuk bisa mendapatkan informasi yang tepat.

Alat ukur CMM ini juga bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui distributor resmi di Indonesia sehingga kualitas produknya bisa terjamin dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *