Punya Mobil Matic? Perhatikan Hal Berikut Ini dalam Merawatnya

cara merawat mobil matic

Di perkotaan besar kendaraan mobil selalu menjadi andalan untuk masyarakat yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Salah satunya adalah mobil matic.  Ya mobil matic selalu menjadi pilihan tepat yang digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Seperti pergi ke kantor, mengantar anak sekolah, menemui klien, berbelanja, dan lain-lain.

Dengan frekuensi penggunaan mobil matic yang terlalu sering, tentu hal ini membuat banyak mesin mobil yang butuh perawatan. Supaya performanya tetap baik dan mobil awet sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang.

Nah, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk perawatan pada mobil matic

 

  • Memanaskan mesin sebelum digunakan

 

Jika sedang dikejar waktu atau dalam keadaan kepepet, memanaskan mobil menjadi hal yang sering terlupakan. Padahal memanaskan mobil merupakan bagian yang penting.

Karena memanaskan  mobil berguna untuk menyesuaikan suhu udara mesin dan memberikan sirkulasi oli dengan merata ke seluruh permukaan komponen mesin mobil.

Dalam proses memanaskan mobil Anda juga tidak perlu menggunakan durasi yang lama seperti 5-10 menit. Cukup 2-3 menit tanpa menyalakan AC. Dengan cara ini Anda lebih hemat bahan bakar untuk mobil Anda.

Pastikan juga transmisi mobil Anda dalam keadaan netral dan menginjak gasnya juga tidak perlu terlalu dalam.

Apabila Anda merasa kinerja mesin sudah lebih stabil, maka Anda dapat langsung menggunakan mobil tersebut.

 

  • Perhatikan penggunaan persneling

 

Kemacetan di kota-kota besar memang menjadi suatu hal yang tidak dapat terhindarkan dan kebiasaan para pengguna mobil matic di saat macet adalah menggeser persneling ke posisi P. Padahal hal tersebut dapat membuat persneling Anda menjadi cepat rusak.

Lebih baik Anda menggeser persneling ke posisi N untuk netral dan mengangkat rem tangan. Hal tersebut justru lebih aman dan tidak membuat persneling rusak.

Baca juga: pentingnya asuransi kendaraan yang bagus untuk melindungi mobil

 

  • Perhatikan kinerja mobil

 

Ketika menggunakan mobil, Anda harus peka untuk memastikan keadaan mobil Anda. Apakah selama digunakan masih nyaman atau mulai ada hal yang mengganjal. Periksa juga aksesoris maupun fitur-fitur yang berada dalam mobil Anda.

Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah kinerja mobil Anda masih baik atau sebaliknya. Dengan begini, apabila terjadi kerusakan atau gangguan pada mobil, Anda bisa segera membawanya ke bengkel untuk di servis. Kerusakan yang dibiarkan terlalu lama justru membuat mobil rusak semakin parah.

 

  • Melakukan servis berkala

 

Ketika Anda membeli sebuah mobil, pastinya Anda diberikan semacam kartu untuk jadwal servis berkala mobil Anda. Kartu tersebut bukan hanya untuk Anda simpan saja.

Tapi berguna untuk Anda taat dalam melakukan servis mobil secara berkala. Servis berkala ini akan bermanfaat untuk melihat kinerja mesin mobil Anda untuk memastikan tidak adanya masalah.

 

  • Penggantian oli

 

Oli berperan sebagai alat pelumas untuk komponen mesin mobil. Dikarenakan pentingnya fungsi oli tersebut mengharuskan Anda sebagai pemilik mobil matic untuk melakukan pergantian oli. Biasanya pergantian oli ini dilakukan jika mobil Anda sudah berjalan sebanyak 25.000-50.000 km.

Jenis oli yang digunakan juga harus sesuai dengan tipe mobil dan kebutuhan Anda. Yang penting pergantian oli ini dilakukan secara teratur dan berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *