Perlengkapan Membuat Rajutan Selimut Bayi Spesial Untuk Sang Buah Hati

Rajutan Selimut Bayi

Membuat sendiri segala perlengkapan untuk menyambut kelahiran sang buah hati adalah hal yang sangat mungkin. Selain bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan orang tua, hal ini juga bisa menambah kreatifitas para ibu. Nah, salah satu perlengkapan bayi yang bisa Anda buat sendiri adalah selimut bayi. Anda bisa membuat rajutan selimut bayi sebagai hadiah spesial untuk si kecil Anda.

Berikut ini akan diuraikan mengenai tips membuat rajutan selimut bayi spesial untuk sang buah hati agar hasil rajutan yang didapatkan rapi dan bagus sehingga akan nyaman digunakan. Beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum para ibu mulai membuat rajutan selimut adalah sebagai berikut:

Rajutan Selimut Bayi

1.    Memilih ukuran selimut
Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum para ibu mulai merajut adalah menentukan berapa ukuran rajutan selimut yang diinginkan. Hal ini dilakukan karena terdapat berbagai ukuran selimut bayi yang berbeda. Misalnya ada ukuran yang pas digunakan untuk si kecil yang baru dilahirkan hingga berumur 7 bulanan yaitu berukuran 36 inchi x 36 inchi.

Selain itu ada juga selimut yang berukuran 40 inchi x 60 inchi yang bisa digunakan saat bayi Anda sudah mulai tumbuh lebih besar, ada pula selimut bayi yang khusus digunakan di tempat tidur yang berukuran 36 inchi x 54 inchi. Namun, jika Anda menginginkan memakai selimut tersebut hingga jangka waktu yang lama, Anda bisa memilih ukuran yang lebih besar.

2.    Memilih benang
Untuk membuat selimut bayi dengan warna yang bervariasi, Anda bisa memilih corak warna benang yang berbeda. Selain memilih corak warna, Anda juga harus memilih berat benang yang digunakan. Karena berat benang akan menentukan besar rajutan, bagaimana bentuk rajutannya, dan ukuran pengait (hook) yang digunakan.
Berikut beberapa benang yang bisa menjadi pilihan Anda, diantaranya:

a.    Benang wol sedikit berat, namun mudah digunakan
b.    Benang Double Knit (DK), benang ini ringan dan cocok digunakan untuk menghangatkan badan si kecil
c.    Benang dengan kualitas tinggi yang cocok digunakan untuk selimut si kecil  yang suka digendong atau ditimang
d.    Benang dengan kualitas paling tinggi, benang ini ringan dan cocok digunakan untuk selimut berenda

3.    Memilih pengait (hook)
Pilihlah pengait (hook) yang sesuai dengan berat benang yang Anda gunakan. Jika huruf yang tertera pada pengait (hook) semakin tinggi maka ukuran pengait (hook) juga semakin besar. Berikut ini adalah kombinasi berat benang dengan ukuran pengait (hook).

a.    Benang wol, pengait I
b.    Benang DK, pengait H
c.    Benang dengan kualitas yang tinggi, pengait G
d.    Benang dengan kualitas yang paling tinggi, pengait F

Setelah menentukan ukuran selimut bayi, memilih benang dan pengait, Anda bisa mulai merajut, dengan mengetahui tentang rajutan, mempelajari ikatan awal rajutan, mempelajari rajutan tunggal, dan juga mempelajari rajutan ganda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *