Perbedaan Transmisi Manual dan Otomatis

perbedaan mobil matic dan manual

Setiap mobil pasti memiliki transmisi agar kecepatan mobil dapat diatur. Oleh karena fungsinya ini, keberadaan transmisi sangat penting untuk menunjang keamanan dan kenyamanan pengendara.

Akan tetapi, anda sebagai pengemudi harus benar – benar paham bagaimana menyesuaikan transmisi mobil dengan kondisi jalan (menanjak atau menurun.

Transmisi mobil sendiri ada dua, yatu transmisi manual dan otomatis atau matic. Berikut beberapa perbedaan transmisi manual dan otomatis yang perlu anda ketahui.

  • Jumlah gigi. Transmisi manual memiliki enam gigi, lima untuk maju dan satu untuk mundur. Agar kecepatan mobil bisa disesuaikan dengan baik, skill pengemudi dalam menentukan timing perpindahan gigi sangat dibutuhkan. Sementara itu, transmisi matic memiliki jumlah gigi yang lebih sedikit.
  • Perbedaan kedua adalah sistem pengoperasiannya. Transmisi mobil manual dioperasikan dengan kombinasi tuas, kopling, gas dan rem. Sebelum memindahkan tuas ke depan atau ke belakang, pengemudi harus terlebih dulu menginjak kopling. Sementara untuk transmisi matic, pengemudi hanya perlu menginjak gas, rem dan tidak harus selalu mengoperasikan gearbox untuk memindahkan gigi.
  • Segi kenyamanan berkendara. Dari segi kenyamanan dalam berkendara, mobil matic tentu jauh lebih nyaman karena menggunakan sistem pengoperasian yang lebih simpel. Sementara itu, mobil dengan transmisi manual memiliki sistem operasi yang lebih kompleks sehingga memerlukan fokus dan konsentrasi tinggi. Karena faktor inilah, mobil dengan transmisi matic dianggap lebih nyaman dari mobil manual.
  • Konsumsi bahan bakar. Meskipun transmisi matic jauh lebih praktis dari transmisi manual, transmisi matic memiliki kekurangan dari segi konsumsi bahan bakar. Dari segi konsumsi bahan bakar, mobil matic mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Sebaliknya, mobil manual mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar dibanding mobil matic.
  • Perbedaan dari segi perawatan. Sama seperti kebanyakan kendaraan, mobil dengan transmisi matic harus diberikan perawatan ekstra. Sebaliknya, mobil dengan sistem transmisi manual lebih mudah perawatannya. Selain itu, harga komponen dari mobil manual juga jauh lebih murah dibanding komponen mobil matic.
  • Perbedaan dari segi harga. Perbedan yang dimaksud dalam hal ini adalah harga jual kembalinya. Harga jual kembali dari mobil matic jelas lebih tinggi dari pada mobil manual, ini juga merupakan salah satu keunggulan mobil matic yang paling menonjol.

Baik transmisi manual maupun transmisi matic, masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangannnya masing – masing. Jika ditinjau dari segi sistem operasi dan kenyamanan saat berkendara, mobil dengan sistem transmisi matic memang lebih unggul.

Akan tetapi, mobil dengan transmisi manual jauh lebih unggul dari segi konsumsi bahan bakar dan biaya perawatan. Itulah beberapa perbedaan transmisi manual dan otomatis yang perlu anda ketahui.

Referensi:

Blog Garda Oto:  www.gardaoto.com/knowledge-post/bingung-mau-beli-mobil-matic-atau-manual-pertimbangkan-dulu-hal-hal-berikut-ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *