Pengertian Branding dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

branding tips

Bagi pemilik bisnis, brand merupakan salah satu indikator yang sangat penting. Untuk mencapai kesukesan, setidaknya brand yang dimiliki haruslah dikenal oleh masyarakat luas. Brand sendiri memiliki arti merek dagang. Sedangkan branding adalah suatu proses untuk membangun dan meningkatkan awareness terhadap brand yang kita miliki.

Tanpa adanya brand, suatu produk atau jasa yang ditawarkan kurang unik dan tidak memiliki ciri spesifik yang bisa menyatakan bahwa produk atau jasa tersebut memiliki idenditas apa atau terkait dengan hal apa.

inilah pengertian branding yang sesungguhnya

Sebagai seorang yang berkecimpung dalam bidang bisnis, Anda haruslah paham bahwa brand adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda diharuskan melakukan proses branding agar bisa memberikan informasi seluas-luasnya mengenai bisnis yang Anda berikan.

Di era yang serba cepat dan berbasis online saat ini, kegiatan branding bisa dilakukan lebih mudah dan dapat mencapai target audience yang lebih spesifik. Hal ini dikarenakan penggunaan media sosial, layanan iklan berbayar dari Google (Adwords), Facebook (FB Ads), Instagram (IG Ads), optimasi melalui website bisa dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa Digital Marketing Jakarta untuk membantu menumbuhkan potensi bisnis Anda.

Beberapa keuntungan dari branding:

 

1. Sebagai identitas sekaligus pembeda dengan kompetitor
2. Jika brand sudah dikenal luas, maka akan memiliki daya tarik yang kuat
3. Sebagai sarana melakukan promosi
4. Membangun citra dan identitas bisnis
5. Memungkinkan untuk merajai pasar bisnis yang ditargetkan

Proses branding yang tertarget pada segmentasi pasar yang diinginkan akan membantu bisnis Anda lebih mudah ditemukan oleh mereka yang memang membutuhkannya.

Seperti yang telah diulas pada pembahasan di atas, proses branding bisa lebih efektif dan efisien bila diintegrasikan dengan aspek digital marketing, yaitu promosi yang dilakukan secara online. Sekarang ini, strategi pemasaran konvensional menggunakan billboard, spanduk, baliho, videotron, iklan di tv, ataupun yang lainnya sudah sangat jarang dilakukan.

Baca juga: 4 Platform Wajib Untuk Lancarkan Marketing Digital

Mereka lebih memilih menggunakan media digital seperti YouTube jika ingin membuat iklan berupa video. Dalam beberapa tahun terakhir, tren YouTube sudah sangat meningkat tajam. Hal itu terjadi karena YouTube masih menjadi satu-satunya direktori website yang berisikan berbagai macam video yang dikumpulkan dalam 1 wadah dari berbagai orang-orang di seluruh dunia.

Persentase untuk menonton video dari YouTube sangatlah besar, sehingga menginvestasikan proses branding dari sana adalah pilihan tepat saat ini.

Karena itulah, jika Anda berbisnis di era millenial saat ini, melakukan branding sangat penting dan tidak boleh sembarangan karena akan menghancurkan reputasi yang telah dibangun.

Ada beberapa aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam membangun brand seperti:
1. Visual
2. Suara
3. Nilai-Nilai yang Diberikan

Bila Anda butuh bantuan untuk melakukan branding dari media online, Anda bisa menghubungi jasa Digital Agency Jakarta untuk membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *