Mesin Diesel dan Mesin Bensin Pada Mobil

Saat Anda memilih mobil harus melakukan pertimbangan yang tepat. Mesin mobil terdapat dua pilihan mesin yaitu diesel dan bensin. Kedua mesin tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kami akan memberikan informasi supaya Anda tau perbedaan mobil yang bermesin diesel dan bensin.

Pada saat ini mesin bensin sudah umum digunakan daripada mobil yang bertenaga diesel. Karena pada dasarnya mesin diesel sering mengeluarkan asap hitam yang menyebabkan polusi udara. Ayo kita simak beberapa perbedaan mesin diesel dan bensin berikut ini:

 

1. Katup bahan bakar

Mobil yang bertenaga diesel maupun bensin akan tampak dari bagian luarnya. Namun biasanya pada katup bahan bakar akan tertulis apa bahan bakar yang harus digunakan mesin tersebut.

 

2. Tenaga yang dihasilkan

Kedua mesin tersebut memilili ciri identik dari tenaganya. Pastinya kita sudah tau tentang torsi pada mesin yang memberikan indikasi tenaga yang dihasilkan. Torsi tersebut menentukan kekuatan mesin dalam perputarannya. Mesin diesel memiliki torsi yang sangat tinggi.

Perputaran yang begitu cepat dapat menggerakkan mobil walaupun bobotnya sangat berat. Oleh karena itu mesin jenis diesel banyak digunakan pada kendaraan berat seperti truck. Walaupun tenaganya besar, namun kecepatannya akan kalah dengan mesin dari tenaga bensin. Maka mobil jenis sport pastinya akan dipasangi mesin bensin.

 

3. Polusi terhadap udara

Mesin diesel konvensional memang sering mengeluarkan asap hitam. Hal itu dikarenakan bahan bakar tidak terproses secara sempurna. Hasil pembakaran mesin yang tidak sempurna itu menghasilkan asap hitam yang begitu pekat.

Pada saat ini banyak sekali pabrik mobil yang sedang melakukan percobaan untuk membuat mesin diesel yang ramah lingkungan.

 

4. Polusi suara dari mesin

Sudah terbukti suara dari mesin diesel sangatlah berisik dibandingkan mesin bensin. Perbedaan tersebut disebabkan oleh proses kompresi mesin. Mesin yang bertenaga bensin melakukan proses kompresi yang begitu sempurna sehingga lebih halus. Berbeda dengan mesin diesel.

Pembakarannya begitu tinggi dan menghasilkan suhu tinggi hingga 96 derajat celcius. Namun karena mesin diesel pada saat ini sudah semakin berkembang, maka akan tampak perbedaannya dengan mesin diesel dahulu yang masih konvensional

 

5. Penggunaan bahan bakar

Pastinya Anda memiliki pertanyaan mesin jenis mana yang paling irit bahan bakar. Maka menurut hasil riset dan uji coba yang pernah kami lakukan, akan lebih irit mobil diesel.

Dikarenakan proses penguapan dari mobil tersebut membuatnya jadi lebih irit. Mesin yang bertenaga bensin di semprotkan dalam bentuk cairan sehingga konsumsinya agak sedikit boros di bandingkan diesel.

Untuk memilih mobil yang berbahan bakar diesel maupun bensin dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika akan digunakan untuk bekerja berat maka sebaiknya gunakan mobil bertenaga diesel. Namun jika ingin berliburĀ  bersama keluarga, mobil yang bermesin bensin merupakan pilihan yang sangat tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *