Mengenal Fungsi dari Kemasan Dalam Bisnis Logistik

bisnis logistk

Dalam memenangkan persaingan di dunia bisnis, harus selalu ada inovasi yang dilakukan untuk membuat sesuatu pembeda ataupun ciri unik khusus sehingga bisnis yang dijalankan bisa terus survive bahkan menanjak meningkat. Salah satu yang dilakukan adalah dengan melakukan branding sebagai upaya pengkomunikasian ataupun pengenalan informasi suatu barang ataupun jasa.

Selain melakukan branding, salah satu cara untuk mempertahankan eksistensi produk yang dihasilkan adalah dengan memberikan kemasan yang menarik. Kemasan itu sendiri selain berfungsi sebagai pelindung juga sebagai upaya untuk menarik perhatian minat beli.

kemasan yang menarik

Ditambah dengan perkembangan dunia digital yang semakin berkembang pesat, lahirlah berbagai profesi yang bisa membantu memberikan sentuhan daya tarik visual, yakni dari daya cipta seorang designer product.

Kemasan yang menarik bisa dilihat dari adanya bentuk, struktur, material, warna, tipografi dan elemen-elemen lainnya yang bisa memberikan informasi produk dengan jelas.

Baca juga: Yuk, Intip Bagaimana Pembuatan Pallet Plastik!

Strategi ini telah terbukti untuk membangun tingkat profesionalisme produk dan alternatif cara pemasaran. Walaupun terkesan masih tradisional, namun cara ini masih tetap berhasil hingga sekarang.

Secara umum, manfaat mengaplikasikan strategi kemasan adalah sebagai berikut:

– Kemasan bisa melindungi barang dari kehancuran, busuk ataupun hal yang bisa merusak.
– Kemasan membantu memasarkan produk yang Anda jual
– Kombinasi dari keduanya, strategi marketing dan logistik bisa memaksimalkan hasil yang didapatkan

Berikut ini jenis-jenis kemasan yang wajib Anda ketahui:

  • Kemasan Primer, yaitu bahan kemas langsung untuk melindungi barang/bahan mental/bahan jadi/bahan setengah jadi (kaleng susu, botol minuman, dll).
  • Kemasan Sekunder, yaitu kemasan yang fungsi utamanya melindungi kelompok kemasan lainnya, seperti misalnya kotak karton untuk wadah kaleng susu, kotak kayu untuk wadah buah-buahan yang dibungkus dan sebagainya.
  • Kemasan Tersier dan Kuarter, yaitu kemasan yang diperlukan untuk menyimpan, pengiriman atau identifikasi. Kemasan tersier umumnya digunakan sebagai pelindung selama pengangkutan. Salah satu kemasan yang bisa digunakan adalah menggunakan palet plastic¬†agar barang yang disimpan ataupu dalam proses pengiriman bisa tetap aman terjaga dengan baik.

Point-pont di atas merupakan manfaat yang didapatkan ketika mengaplikasikan fungsi kemasan yang baik dalam bisnis. Terlebih dalam dunia perlogistikan, tidak semua bisa dijamin selama pengiriman entah ke luar kota ataupun luar negeri. Karena itu, pengaplikasian pelindung kemasan memiliki pengaruh yang penting.

Perhatikan juga kualitas pallet yang Anda butuhkan, umumnya ada yang terbuat dari kay dan plastik. Namun, penggunaan bahan plastik lebih banyak digunakan karena memiliki daya tahan dan lebih mudah dilakukan perawatan serta lebih hemat. Itulah yang membuat pallet dengan jenis plastik lebih sering Anda temukan saat proses pengangkutan barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *