Mengapa Harus Memilih Pallet Plastik?

pallet plastik

Dalam dunia logistik dan industri pallet plastik memegang peranan cukup penting. Dibanding Pallet kayu memang bisa dibilang pallet plastik jauh lebih unggul.

Beberapa keunggulan dari pallet plastik adalah faktor kebersihan. Pallet plastik cocok untuk digunakan dalam industri makanan maupun farmasi atau juga industri lainnya yang membutuhkan tingkat higienis.

Alasan pertama pallet plastik lebih higienis dibanding pallet kayu adalah karena bisa dicuci. Selain itu plastik dikenal tidak berpori sehingga lebih aman dari masuknya kotoran dan zat lainnya yang bisa menyebabkan terjadinya reaksi kimia atau biologi pada barang yang didalamnya.

Sebagai contoh, pada pallet kayu mudah terkena jamur dan serangga. Bukan hanya itu saja pallet kayu juga seringkali berbau apek atau tidak enak ketika terkena kotoran tertentu. hal ini tentu berbeda dengan pallet plastik yang lebih tahan dari jamur dan serangga sehingga tidak menimbulkan bau.

Pallet plastik sendiri biasanya terbuat dari bahan

> HDPE (High Density Polyethylene)

Seperti yang kita ketahui HDPE bisa dibilang menjadi salah satu bahan plastik yang terbaik karena lebih tahan dari tekanan dan benturan. Selain itu plastik HDPE juga dikenal lebih tahan terhadap korosi dan lembab.

> PP (Polypropylene)

Secara daya tahan PP lebih baik dibanding HDPE. Pada prakteknya pallet plastik yang terbuat dari bahan PP ini lebih banyak digunakan untuk yang tipe heavy pallet karena lebih keras dan tahan panas jika dibanding HDPE. Sayangnya, harga pallet berbahan dasar PP biasanya jauh lebih mahal dibanding yang terbuat dari HDPE.

> ACM (Advance Composite Material)

Material ACM terbuat dari campuran berbagai jenis plastik sisa yang ada dalam dunia industri. Selain itu bisa juga hasil dari daur ulang pallet yang rusak. Soal kekuatan sendiri tidak bisa dipastikan karena semua bergantung dari bahan dasar yang digunakan.

Beberapa kasus membuktikan pallet jenis ini memiliki kekuatan yang cukup, namun beberapa kasus lainnya justru menunjukkan betapa rapuhnya pallet jenis ini.

Pallet ACM ini sangat cocok digunakan untuk keperluan ekspor atau pengiriman logistik sekali jalan dan tidak digunakan untuk berulang kali. Harga pallet jenis ini pun bisa dibilang murah karena setara dengan pallet kayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *