Menelusuri Keragaman Budaya & Tradisi Unik Suku-Suku di Sumatera Utara

tradisi unik

Indonesia sebagai salah satu negara yang diberkahi dengan banyaknya jumlah suku, budaya dan bahasa, membuat bangsa kita banyak dikagumi oleh negara luar. Tersebar dari Sabang sampai Papua, ribuan pulau dan bahasa tidak melunturkan semangat Bhineka Tunggal Ika yang telah dibentuk sejak lama.

tradisi unik sumatera utara

Bahkan, banyak juga warisan budaya yang digariskan secara turun-temurun hingga sekarang dan tetap dilestarikan. Dalam ulasan kali ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai berbagai tradisi unik dan ragam budaya yang ada di Kota Medan, tempatnya berada di Pulau Sumatera.

Kenapa harus Medan? Karena ada begitu banyak hal-hal menarik yang bisa diulas di sini. Untuk kota-kota besar lainnya di Indonesia, mungkin di lain kesempatan akan penulis coba ulas yah heheheh.

Berikut ini beberapa tradisi unik yang bisa Anda lihat secara langsung saat Anda berkunjung ke kota ini.

 

1. Tarian Sigale-gale

Umumnya, tradisi ini menggunakan boneka yang dibentuk semirip mungkin dengan manusia. tradisi tarian ini akan digerakkan oleh seseorang yang ada di belakang patung untuk menari-nari sambil diiringi musik adat khas Batak.

Asal mula tradisi ini karena dahulu kala ada seorang raja kehilangan anak tercintanya, dan akhirnya untuk mengobati rasa rindunya, dibuatlah patung yang menyerupai sang anak agar sang raja bisa kembali tersenyum dan bersemangat seperti sedia kala.

2. Mangokkal Holi

Tradisi ini sudah secara turun-temurun dilakukan oleh masyarakat adat Batak untuk mengambil tulang-belulang dari leluhur mereka yang telah dikuburkan lalu ditempatkan dalam peti khusus dan dibuatlah bangunan seperti tugu untuk menyimpannya.

Dikatakan unik karena tradisi ini diharuskan memotong hewan ternak dan berlangsung selama beberapa hari layaknya sebuah perayaan pesta (namun bukan bermaksud demikian). Perlu diketahui, bahwa tujuan dari tradisi ini adalah untuk mempertahankan silsilah garis keturunan marga adat Batak dan sebagai bentuk simbolis bahwa keluarga ataupun keturunan yang masih hidup tidak akan melupakan leluhur mereka sendiri.

3. Tradisi Kenduri Laut

Salah satu tradisi unik lainnya di Sumatera Utara adalah diadakannya Kenduri Laut yang dilaksanakan rutin tiap harunnya (1 tahun sekali) pada bulan Oktober yang berlangsung di pantai dari mulai malam hari datang hingga ke siang hari esoknya. Upacara ini melibatkan hampir semua kecamatan di Tapanuli Tengah dan setiap kecamatan juga diharuskan membawa hasil pertanian dan ternak untuk diarak secara bergantian.

Selain itu di adakan berbagai lomba, seperti perahu naga, layang-layang dan lain lain. Anda juga bisa menikmati beberapa pertunjukan seni khas adat masyarakat sekitar. Untuk orang luar sah-sah saja melihat dan mengikuti prosesi acara adat ini hingga selesai untuk memeriahkan suasana. Tujuan dari tradisi ini adalah sebagai bentuk ucapan terima kasih kepadasang pencipta atas hasil ternak atau tani yang didapatkan.

4. Marhajabuan

Acara adat ini adalah bentuk upacara ataupun tradisi yang mengharuskan setiap pasangan warga Batak di kota Medan untuk mengadakan pesta pernikahan besar-besaran dengan mengundang kerabat dan tetangga.

Yang membedakan dengan tradisi pernikahan pada umumnya adalah Di prosesi Marhajabuan ini kedua pasangan pengantin akan diberikan pengalungan kain ulos sebagai tanda penghormatan dan mereka wajib berbagi kebahagian dengan menggelar pesta pernikahan dengan mengundang tamu dalam jumlah banyak/secara besar-besaran.

Itulah beberapa kegaraman adat, budaya dan tradisi unik untuk suku-suku yang ada di Sumatera Utara. Sebenarnya masih ada banyak tradisi unik lainnya yang bisa Anda ketahui, namun akan saya coba ulas di lain kesempatan.

Bila Anda sedang berlibur ke kota Medan dan ingin berkeliling wisata daerah ataupun wisata alam lalu memutuskan untuk menyewa mobil di medan, ada baiknya Anda membaca informasi ini terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *