Jenis-Jenis Mainan Anak Yang Bermanfaat Untuk Kecerdasan Anak

Jenis-jenis mainan anak

Bermain bukan hanya dijadikan sebagai sarana hiburan anak semata melainkan juga untuk sarana edukasi. Permainan memang memberikan banyak manfaat untuk anak, namun tentunya sebagai orang tua harus memilihkan mainan yang tepat untuk anak-anak mereka karena tidak semua mainan anak sesuai dengan usia dan kebutuhan anak.

Ada banyak sekali mainan yang bisa anda berikan untuk anak anda. Sesuaikan mainan tersebut dengan usia anak anda. Misal saja jika anak anda masih bayi maka gunakan mainan yang sekiranya bisa membantu perkembangan gerak anak dan membantu perkembangan indra nya seperti penglihatan dan pendengaran.

Bagi anda yang ingin memberikan mainan anak yang bermanfaat maka anda bisa menggunakan mainan-mainan sebagai berikut:

  1. Pertama adalah mainan tentang kegiatan sehari-hari

Imaji anak perlu dikembangkan sejak masih dini yaitu dimulai dengan melatih kemampuannya dalam mengenali lingkungan sekitar. Misal untuk anak perempuan anda bisa memberikan satu set mainan memasak dengan berbagai benda yang biasa digunakan untuk memasak.

Jika anak anda laki-laki, anda bisa memberikannya satu serta mainan dokter-dokteran atau satu set mobil-mobilan. Bukan itu saja, anda juga bisa mengenalkan anak dengan macam-macam sayur dan buah dengan satu set permainan buah dan sayur.

  1. Kedua adalah mainan anak untuk memecahkan masalah

Jenis mainan yang bisa membantu perkembangan kecerdasan anak adalah permainan yang membuat anak mau berfikir dan mencari jalan keluar. Contoh permainan itu adalah puzzle dengan tema yang menyenangkan seperti gambar buah, sayuran atau kartun yang tingkat kesulitannya disesuaikan dengan umur anak.

  1. Ketiga adalah mainan anak yang bisa merangsang aktifitas

Permainan yang dimaksud misalnya adalah lego atau menyusun blok menjadi beberapa bentuk yang mereka sukai. Menggambar dan mewarnai juga bisa melatih kreatifitas mereka. Berikan juga mainan dari bahan lilin atau tanah liat untuk merangsang kekreatifannya.

  1. Keempat adalah mainan anak yang bisa merangsang gerak tangan dan kakinya

 Jenis permaian tersebut misalnya bola. Bola biasa dimainkan anak dengan dilempar dan ditendang. Jika bola berlari jauh maka anak akan berusaha mendapatkannya kembali entah dengan cara berlari atau merangkak.

  1. Kelima adalah mainan anak yang bisa menstimulasi memori otaknya

 Anda bisa memberikan mainan anak yang isinya lagu-lagu anak seperti mainan telepon, mainan laptop, piano dan jenis mainan lainnya yang bisa menghasilkan bunyi.. Biasanya anak akan mengingat bunyi yang sering ia dengar.

Itulah beberapa mainan anak yang bisa anda berikan kepada anak sehingga mainan tersebut juga bisa membantu perkembangan kecerdasan anak anda. Memang memilih mainan tidak  bisa dilakukan dengan sembarangan. Usahakan semenjak anak masih kecil anda sudah diajarkan beberapa hal atau ilmu yang nantinya bisa dijadikan bekal anak anda dimasa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *