Jangan Pernah Mengabaikan Kebiasaan-Kebiasaan Sepele Berikut Dalam Menjaga Kebersihan Rumah

jangan pernah mengabaikan kebersihan rumah

Pola hidup yang sehat berasal dari kebiasaan hidup yang bersih. Hal ini sesuai dengan istilah yang sering kita dengar dlu, yakni kebersihan pangkal kesehatan. Hidup bersih sangat erat kaitannya dengan apa yang dilakukan sehari-hari. Lebih mudahnya, Anda bisa menerapkan pola hidup bersih ini dari rumah.

bersihkan rumah dengan rutin

Mengenalkan kepada keluarga mengenai cara hidup yang sehat sedini mungkin adalah suatu kelebihan. Dengan begitu, semua anggota keluarga akan merasa nyaman dan menjaga rumah tetap bersih untuk terhindar dari kotoran, debu dan kuman yang menempel.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kebersihan rumah.

1. Sapu dan Pel Rumah Tiap Hari

Rumah yang senantiasa bersih adalah rumah yang selalu dijaga dan dirawat setiap harinya. Dengan melakukan kegiatan rutin menyapu lalu mengepel lantai setiap sore hari, akan membantu membersihkan debu dan kotoran penyebab penyakit.

2. Bersihkan Dapur yang Kotor

Dapur menjadi salah satu tempat yang harus dibersihkan secara rutin juga karena di sanalah tempat memasak. Tanpa disadari, banyak minyak, bumbu dapur ataupun bekas tumpahan kuah yang berserakan di sekitar kompor.

Jika tidak dibersihkan, bau menyengat dan sisa-sisa kotoran yang ada bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang bisa dengan mudah masuk ke dalam wajan penggorengan saat ada yang memasak di dapur.

Anda tentu tidak mau bukan, jika makanan yang Anda santap ternyata mengandung bakteri yang berbahaya? Karena itu pentingnya membersihkan kompor dan ruangan dapur tiap bulan bisa membantu menjaga kesehatan dan kebersihan rumah.

Bacaan lainnya: Yuk Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini untuk Merawat Karpet Rumah Agar Tidak Cepat Rusak

3. Jangan Biarkan Sampah Menumpuk di Dalam Rumah

Sampah yang menumpuk di dalam rumah dan tidak segera dibuang bisa dengan cepat mendatangkan wabah penyakit. Hal ini dikarenakan sampah organik memerlukan waktu untuk bisa membusuk secara sempurna, di sinilah peran mikroorganisme untuk mempercepat tahapan tersebut. Karena itu akan lebih baik untuk segera mengeluarkan semua sampah organik dan non-organik untuk ditempatkan pada tempat sampah di luar rumah agar kondisi rumah tetap higienis.

Ingat, bahwa kesehatan sangat mahal harganya. Jadi, jangan sampai Anda menyesal dikemudian hari karena cara hidup yang tidak bersih.

4. Cuci Rutin Sprei, Gorden, Sofa, & Perabotan Lainnya

Berbagai perabotan rumah tangga seperti karpet, sofa, TV, kulkas, gorden, sprei, lemari, dan lain sebagainya sangat mudah sekali ditempeli debu. Bila Anda sudah lama tidak membersihkannya, mulai sekarang pastikan bahwa semua perabotan rumah tangga Anda harus selalu dibersihkan, minimal tidak ada debu yang menempel.

Debu yang sudah menempel terlalu lama dan tidak dibersihkan bisa memicu terjadinya alergi, bahkan kotoran yang ada tanpa sadar bisa saja terhirup masuk ke dalam tubuh, menempel di makanan, dan kemungkinan buruk lainnya. Bila perlu, Anda bisa menggunakan layanan pembersih rumah dari De Hygienique yang memiliki layanan pembersih lengkap seperti pembersih lantai, jasa cuci sofa, cuci springbed hingga layanan cuci karpet jakarta.

5. Selalu Cuci Tangan Dengan Sabun Sebelum & Sesudah Makan

Mungkin dari Anda semua sudah tahu dengan hal ini, tapi apakah Anda semua sudah melakukannya setiap hari? Bayangkan jika Anda memegang benda yang belum diketahui kebersihannya, lalu Anda tidak mencuci tangan saat ingin makan.

Bisa dipastikan kuman yang ada di tangan akan ikut berpindah ke makanan yang dimakan. Selalu rutin membersihkan diri juga mencegah munculnya penyakit dari dalam diri. Bila perlu, sediakan juga pembersih tangan/antiseptic spray bila Anda ingin membersihkan tangan namun tidak tersedia air bersih.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua. Pastikan bahwa Anda dan keluarga sudah memahami betapa pentingnya menjaga kebersihan rumah dimulai dari diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *