Inilah Berbagai Macam Proses Dry Cleaning yang Bisa Anda Lakukan Sendiri untuk Bisnis Laundry

Bisnis laundry dari tahun ke tahun mulai menjamur di Indonesia. Hal ini karena permintaan untuk jasa laundry juga terus meningkat tidak hanya untuk pakaian, tetapi mulai dari cuci sofa, springbed, karpet, dll membuat mereka yang sadar akan adanya peluang usaha yang bagus ini bisa dimanfaatkan untuk berwirausaha sendiri.

Hal ini dikarenakan perkembangan zaman yang semakin maju membuat banyak orang memiliki waktu yang terbatas sehingga mereka cenderung akan memilih sesuatu yang serba cepat untuk bisa menyesuaikan waktu, termasuk dalam mengerjakan berbagai pekerjaan rumah yang biasanya membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Untuk itulah bisnis laundry hadir memberikan solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan setiap orang. Mulai dari jasa cuci springbed, cuci sofa, cuci karpet, pakaian, dll bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau dan waktu yang relatif lebih cepat daripada dikerjakan sendiri.

Bagi Anda yang ingin menekuni bisnis ini, sebaiknya ketahui berbagai proses dry cleaning yang berhubungan dengan jasa laundry yang akan Anda lakukan.

1. Penggunaan Hand Steamer (vertical steamer)

alat Hand Steamer

 

Cara berikut ini merupakan suatu cara pengeringan tanpa bantuan mesin dry cleaning, tapi menggunakan mesin uap. Harga yang cukup mahal membuat mesin dry cleaning kalah bersaing dengan mesin uap yang memiliki harga lebih murah.  Namun, bukan berarti tidak ada yang meminati mesin dry cleaning, hanya mereka yang memiliki modal yang cukup dan ingin hasil yang lebih cepat tentu akan membeli mesin tersebut walaupun seberapa mahal harganya namun sebanding dengan hasil yang didapatkan.

Artikel lainnya: Perhatikan hal ini kalau mau buka usaha laundry di rumahan

2. Penggunaan Tumble Dryer (Mesin Pengering)

Mesin Tumble Dryer

Ini merupakan suatu untuk men-dry clean pakaian menggunakan produk khusus yang dikenal dengan nama dry cleaning sheet. Cara ini dinilai efektif karena harganya tidak begitu mahal namun tetap mendapatkan hasil yang cukup baik.

Anda bisa memasukkan dry cleaning sheet ke dalam mesin dryer beserta pakaian yang akan dikeringkan. Sesudah mesin bekerja, maka bahan kimia yang ada di dalamnya akan mengangkat kotoran yang ada di dalam pakaian dan Anda tinggal menunggu hasilnya.

Baca juga: Cara Membersihkan Karpet Rumah dengan Benar

3. Penggunaan Mesin Khusus Dry Cleaning

Mesin Khusus Dry Cleaning

 

Dalam proses yang satu ini, Anda diharuskan memiliki mesin khusus dalam melakukan pengeringan. Dry clean (cuci kering) artinya mencuci tidak menggunakan air. Seperti yang dibahas di point pertama, bahwa harga jual mesin dry cleaning tidaklah murah. Namun, jika Anda ingin langsung menginvestasikan dan menjalankan bisnis laundry dengan serius dan percaya akan kesuksesan yang akan dicapai, segeralah membeli karena saingan bisnis Anda yang memiliki mesin khusus juga terbilang masih minim dan belum terlalu banyak. Terlebih jika Anda membuka usaha ini di perumahan Anda, mungkin Anda adalah satu-satunya yang memiliki mesin khusus ini.

Sekian informasi yang dibagikan, jika Anda masih bingung dan belum memahami seluk beluk binsis dunia laundry, Anda bisa membaca banyak referensi atau bergabung di grup komunitas laundry yang ada untuk berkonsultasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *