Hal yang harus diperhatikan saat memilih susu anak

saat memilih susu anak

Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan yang paling baik sehingga anak harus diberikan makanan atau minuman yang bergizi. Salah satu asupan yang harus dipenuhi dalam usia anak-anak adalah kalsium. Pertumbuhan tulang pada masa ini sangat penting bahkan menjadi penentu perkembangan anak.

Asupan kalsium yang cukup tidak hanya membantu pertumbuhan tulang dan gigi nya melainkan untuk mencerdaskan otaknya. Inilah alasan mengapa dalam memilih susu untuk anak tidak bisa dilakukan sembarang. Anda harus memilih susu yang tepat agar hasil yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan anak. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memilih susu anak.

  1. Punya jaminan kesehatan
    Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih susu anak adalah memilih susu yang diproduksi dengan standart GMP atau Good Manufacturing Product. Susu yang dipilih juga harus lulus uji kualitas dari BPOM untuk menjamin kesehatan dari susu tersebut.
  2. Sesuaikan dengan kondisi anak
    Ada beberapa anak yang memiliki riwayat alergi terhadap susu sapi. Jika sudah seperti ini maka anda harus menghindarkan anak anda dari susu sapi jika tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan. Ada baiknya anda mengkonsultasikannya bersama dokter anak untuk pemilihan susu terbaik.
  3. Sesuaikan dengan usia anak
    Hal ini dikarenakan gizi yang dibutuhkan setiap anak berbeda-beda sesuai dengan umurnya. Namun anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada banyak susu yang mencantumkan keterangan usia. Jangan memberikan susu yang melebihi usia anak karena akan menyebabkan diare.
  4. Tidak berdasarkan mahalnya harga dan merknya
    Tidak perlu memilih susu dengan merk terkenal atau memilih susu yang memiliki harga tinggi karena pada dasarnya semua susu memiliki manfaat dan standart yang sama yang sudah ditetapkan oleh Recommended Dietary Allowance.Terkadang justru saat menggunakan susu anak yang mahal, anak mengalami diare, sedangkan saat mengkonsumsi susu dengan harga terjangkau justru tidak terjadi apa-apa. Inilah alasan mengapa Anda tidak perlu memilih susu berdasarkan harga, yang terpenting anak cocok dengan susunya dan tidak terjadi permasalahan dalam kesehatan.
  5. Memiliki karakteristik seperti ASI
    Jangan mudah percaya dengan iklan, ada baiknya anda mengkonsultasikan susu anak apa yang terbaik untuk anak anda. Susu anak yang memiliki karakter seperti asi harus memiliki kandungan seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, D, C, kalsium, fosfor, besi, natrium, lg A, G, M dan Lisosin.

Berikan Pemahaman kepada Anak yang Susah makan

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memilih susu anak yang dapat membantu perkembangan tubuhnya menjadi lebih sehat. Pastikan anda tidak salah dalam memilih susu anak karena semua dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya. Berikan susu terbaik yang tidak hanya mengandung kalsium melainkan mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *