Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Bagi Manager

fungsi-manajemen-sdm-bagi-manager

Sudah merupakan tugas utama dari seorang manajer sumber daya manusia untuk mengelola sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan dengan seefektif mungkin, supaya bisa diperoleh suatu satuan SDM yang tidak mengecewakan, merasa puas dan sangat memuaskan.

Manajemen SDM yang baik adalah kunci berkembangnya sebuah perusahaan. Dalam sebuah korporasi, biasanya terdiri dari berbagai macam karakter dan kemamampuan yang membutuhkan pengembangan sdm tingkat lanjut. Manajemen SDM biasanya diawali dengan sebuah perencanaan, dimana perencanaan ini merupakan upaya sadar perusahaan dalam pengambilan sebuah keputusan yang sudah diperhitungkan dengan matang terkait hal apa saja yang akan dilakukan dimasa mendatang oleh suatu perusahaan terkait sumber daya yang ada, sehingga mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Pengambilan Keputusan sebagai fungsi Manajemen SDM

Pengambilan keputusan seperti apakah akan melakukan recruitment, promosi, pensiun atau pemecatan terkait sumber daya manusia yang ada. Schermerhorn menyatakan bahwa rekrutmen (Recruitment) merupakan suatu proses dalam penarikan kandidat guna mengisi posisi posisi yang kosong. perekrutan yang efektive akan memberikan suatu peluang kerja kepada orang orang yang memiliki kemampuan dan ketrampilan yang memeuhi kualifikasi dan spesifikasi dari perkerjaan.

fungsi-manajemen-sdm-bagi-manager

Bagi seorang manager, tentu hal ini sangat penting mengingat ia yang menentukan langkah kedepan sebuah perusahaan. Ketika melakukan recruitment, seorang manajer akan mempertimbangkan perihal kemampuan dan nilai kepribadian dari sang pelamar pekerjaan. Pada tahapan ini, seleksi dilakukan secara seksama dimana tahap pertama yang diperlukan setelah menerima surat lamaran adalah menelaah riwayat hidup (curriculum vittae) para pelamar kerja. lalu dari riwayat hidup dilakukan penyaringan antara pelamar kerja yang nantinya akan dipanggil dengan pelamar yang gagal dalam memenuhi standar kualifikasi. kemudian kandidat yang telah terpilih dipanggil untuk diuji baik tertulis, wawancara atau proses uji seleksi yang lain.

Biasanya selain seleksi, seorang manager juga merencanakan semacam program pelatihan untuk pengembangan sdm karyawannya.

Pelatihan atau istilah lainnya training adalah suatu proses pembelajaran yang melibatakan perolehan suatu keahlian, peraturan, konsep ataupun sikap guna meningkatkan kinerja para tenaga kerja. bahkan pelatihan ini telah diatur dalam undang undang pada tahun 2003 yang menyatakan pelatihan kerja merupakan semua aktivitas untuk memberikan, mendapatkan, menigkatkan dan mengmbangkan kompetensi kerja, produktivtas, kedisiplinan, sikap serta etos kejra pada tingkat keterampilan dan keahlian tertntu yang sesuai dengan jenjang serta kualifikasi pekerjaan dan jabatan.

Managemen sumber daya manusia diatas bagi seorang manager penting untuk melakukan evaluasi kinerja. fungsi evaluasi dan fungsi monitoring adalah berbeda dan terkadang sulit dipisahkan. dalam penyusunan sebuah sistem dan pembagian tugas, fungsi dan pembagian peran kadang kala tak semestinya perlu dipisahkan secara nyata. fungsi manajemen atas (puncak) contohnya, meliputi keseluruhan fungsi mulai dari planning hingga controlling. maka dari itu, evaluasi oleh pimpinan perusahaan sering dilakukan dalam rapat kerja, rapat pimpinan ataupun temu muka. fungsi evaluasi manajemen sumber daya manusia tidaklah berdiri sendiri, fungsi ini berhubungan erat dengan fungsi pemantauan dan fungsi pelaporan. fungsi evaluasi manajemen sumber daya manusia berguna supaya perusahaan tidak lagi melakukan kesalahan yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *