Dampak Kemasan Kosmetik Terhadap Lingkungan

Kerusakan lingkungan dan dampak potensial terhadap kehidupan di bumi merupakan topik hangat diskusi saat ini.

Kerusakan ini diakibatkan oleh exploitasi berlebihan pada tiap segment sumber daya tak terbarukan. Kebocoran pipa minyak di lepas pantai, pembalakan liar hutan, longsor hingga berakibat menipisnya lapisan ozon adalah contoh dampak yang lambat laun akan menghancurkan peradaban manusia di bumi ini. Exploitasi tersebut dikarenakan produksi bahan baku yang nantinya akan dikonsumsi oleh manusia juga, salah satunya adalah kosmetik.

Kosmetik dan Kemasannya dibuat dari bahan-bahan organik, dan tak bisa dipungkiri merupakan bagian terpenting bagi kehidupan kita. Sebut saja Shampo, yang bahan utamanya adalah kelapa sawit. Dan untuk memproduksi shampo dibutuhkan extrak VCO. Namun minyak dan air tak pernah menjadi sahabat bukan?

kemasan-kosmetik-dan-permasalahannya-kini

Permasalahan Pelik Dari Limbah Kemasan

Tak dirasa kemasan yang membungkus kosmetik memberikan sumbangsih lain terhadap pengrusakan lingkungan. DIkarenakan masih menggunakan bahan baku tinta atau pewarna yang kurang berdampak bagus bagi lingkungan. Paper Packaging yang digunakan untuk mengemas kosmetik hanya berakhir di tempat sampah.

Lalu bagaimana sebaiknya kita menanggapi masalah limbah yang kian waktu bisa membahayakan ini?

Kita punya pilihan untuk mengolah kembali sampah yang kita buang. Bagaimanapun kemasan kosmetik dibuat dengan menggunakan material kertas atau paper packaging. Dengan begitu, akan lebih mudah mengolah sampah ini menjadi barang-barang yang lebih bermanfaat. Beberapa tutorial bisa anda temukan di Internet untuk mengolah paper packaging ini. Sebagai contoh adalah tutorial berikut ini.

Recycling Carton Box for Better Life

Ide Kado Kreatif Untuk Sahabat

Pada dua artikel diatas, para penulis memberikan informasi yang cukup menarik dengan memberikan contoh yang bisa kita tiru. Bahan yang digunakan pun mengandung unsur yang sama dengan kemasan kosmetik.

Selain itu, munkin anda perlu juga mempertimbangkan untuk merusak kemasan kosmetik yang anda gunakan agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selalu perhatikan juga peringatan bagaimana cara membuang kosmetik yang baik. Biasanya pada bagian belakang kemasan akan dicantumkan apa yang harus dilaukan ketika kosmetik sudah habis atau lewat tanggal kadaluarsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *