Cara Pengecekan Ban Mobil yang Layak Pakai

tips melakukan pengecekan terhadap ban

Memasuki liburan akhir tahun, segala persiapan harus dilakukan agar liburan menjadi asik dan menyenangkan. Khususnya untuk Anda yang melakukan liburan menggunakan mobil, salah satu hal yang harus Anda perhatikan yakni kondisi ban mobil Anda. Tentunya Anda perlu memastikan ban mobil Anda dalam keadaan baik, sehingga Anda perlu melakukan pengecekkan ban sebelum berangkat.

ciri mobil dengan baik yang baik

Untuk melakukan pengecekkan ban mobil ini ada 4 point yang harus diperhatikan, yakni tekanan angin, benda-benda yang menempel di sekitar ban, perhatikan apakah ada sobekan atau paku di sekitar ban, dan yang terakhir adalah tread wear indicator yang harus lebih dari 1.6 milimeter.

1. Tekanan angin

Anda perlu memperhatikan tekanan angin di dalam ban mobil Anda, pastikan tekanan yang ada sesuai. Jangan sampai mobil Anda memiliki kondisi ban yang terlalu kecil, karena ban yang kempes akan lebih mudah aus karena keseluruhan ban menempel ke aspal. Selain itu mobil akan mengalami penurunan kecepatan, karena rotasi ban semakin berat karena kempesnya ban.

Anda bisa memanfaatkan alat untuk mengecek tekanan ban mobil Anda, alat ini bernama tire pressure gauge. Di mana Anda hanya perlu menancapkan alat tersebut pada ban Anda, maka akan otomatis jarum menunjukkan tekanan ban Anda.

2. Mengecek sekeliling ban

Pastikan tidak ada kerikil atau benda-benda lain yang menempel di ban Anda, karena benda-benda tersebut akan mengurangi cengkraman ban ketika bergesekan dengan aspal.

Resiko tergelincir akan semakin besar Anda alami bila  membiarkan hal tersebut, tentunya Anda tidak mau kan Anda mengalami hal buruk karena kecerobohan Anda sebelum melakukan perjalanan. Maka dari itu, Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan.

Baca juga: Rekomendasi ban mobil yang tepat untuk Honda Jazz

3. Memperhatikan kondisi ban

Biasanya ban yang sudah lama terdapat retakan ataupun sobekan di sekitarnya, bila Anda melihat hal tersebut maka ada baiknya bila Anda segera membawanya ke bengkel untuk melakukan pergantian. Untuk melakukan pergantian, sangat disarankan agar Anda mengganti ban sesuai dengan stAndarisasi yang sesuai dengan mobil agar tidak terjadi masalah ketidakcocokan saat akan dipasang. Saat ini, semua orang bisa belanja ban mobil secara online melalui TOMOnet yang menjual harga ban mobil Bridgestone dengan kualitas premium yang cocok untuk segala jenis mobil MPV, SUV, sport car, dll.

Jangan biarkan ban Anda hingga benar-benar botak karena ban yang sudah rusak biasanya menAndakan ban sudah usang dan berumur, sehingga kemampuannya sudah hilang dan tidak maksimal lagi. Selain itu ban yang sobek juga akan memiliki kemungkinan besar pecah di tengah jalan, dan bila Anda menemukan paku yang tertancap jangan langsung dicabut. Bawalah ke bengkel, dan biarkan bengkel yang mengatasi hal itu.

4. Tread wear indicator

Tread wear indicator merupakan indikasi ketebalan dari ban, di mana stAndarnya ban memiliki ketebalan lebih dari 1.6 mm. Untuk melakukan pengecekan Anda bisa melakukan dengan mengukur dari segitiga di enam rotasi, dari sana Anda bisa mengecek ketebalan ban Anda. Apabila ban yang Anda miliki kurang dari 1.6 mm, maka ada baiknya Anda untuk melakukan pergantian ban sebelum melanjutkan perjalanan.

Demikian artikel mengenai cara pengecekan ban mobil, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan Anda dan menjadikan Anda lebih waspada sebelum melakukan perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *