Cara Mencuci Mobil yang Benar agar Tidak Merusaknya

tips mencuci mobil sendiri dengan benar

Kendaraan merupakan salah satu barang penting yang digunakan sebagai alat transportasi untuk menuju suatu tempat yang diinginkan oleh si pengendara. Tentu saja untuk menjaganya tetap baik harus dilakukan perawatan agar terpelihara baik mesin maupun body mobil.

Sebagai pengendara cara mencuci mobil yang benar sangat dianjurkan agar mesin tidak mengalami konsleting dan meledak karena kurangnya wawasan dalam merawatnya baik di rumah maupun di tempat pencucian.

Berikut cara mencuci mobil yang benar dan perlu diketahui.

 

  1. Menggunakan alat khusus

Penggunaan alat khusus seperti serat mikro, handuk berbulu dan sarung tangan sangat perlu disiapkan khusus agar merawat mobil dapat dilakukan secara efisien.

Penggunaan kanebo memang diperlukan namun terdapat pendapat lain yang menyatakan bahwa menggunakannya kurang efektif.

  1. Membersihkan area mobil

Sebelum membersihkan bagian bawah mobil lebih tepatnya di bagian velg. Terlebih dahulu menghilangkan debu-debu yang menempel pada bagian-bagian mobil yang dapat dijangkau seperti velg maupun bodi mobil. Setelah itu, membersihkan mobil mulai dari bawah hingga bodi mobil menggunakan air tanpa shampo.

Hal ini dilakukan agar tidak timbul jamur dan sinar matahari yang cepat mengeringkan air. Lalu, baru menggunakan shampo khusus untuk membersihkannya secara menyeluruh.

  1. Semprot air dengan benar

Membersihkan bodi mobil dengan cara menyemprotkan air tidak secara langsung horizontal. Tapi dilakukan dengan cara menyemprotkannya secara menyamping dari atas ke bawah. Hal ini dilakukan agar kotoran-kotoran yang menempel pada bodi mobil bisa langsung jatuh ke bawah.

Tekanan air yang tinggi sangat diperlukan agar bisa membersihkan bodi mobil secara tuntas. Namun, disertai dengan langkah sebelumnya. Agar mesin mobil tetap terjaga dengan baik.

  1. Menggunakan sampo dengan ph sesuai

Cara mencuci mobil yang benar selanjutnya yaitu menentukan penggunaan shampo khusus yang sesuai untuk bodi mobil. Hal ini berkaitan dengan keseimbangan ph yang mempengaruhi keasaman air dan korosi pada bodi mobil.

Apabila tidak bersesuaian maka dapat berpengaruh pada lapisan cat pada mobil. Penggunaan deterjen tinggi perlu dihindari karena lapisan mobil dengan piring tentu saja berbeda. Selain itu, apabila noda membandel ketika dilakukan pencucian. Jangan membersihkannya terlalu keras karena dapat membentuk goresan sehingga vanish mobil mengelupas.

  1. Menggunakan lap khusus

Bodi mobil yang masih ternodai noda membandel tentu saja membuat si pengendara merasa jengkel dan seringkali menggosoknya secara kasar sehingga menyebabkan bekas goresan pada badan mobil. Tentu hal ini perlu dilakukan cara khusus dengan claying.

Cara ini dilakukan dengan alat maupun bahan yang sifatnya lembut namun sangat abrasif jika digunakan secara terus-menerus. Penggunaan yang baik dilakukan selang 3-6 bulan berkala.

Salah satu cara mencuci mobil yang benar terakhir yaitu penggunaan lap khusus. Nah, bahan yang dianjurkan menggunakan handuk bulu.

Hal ini dilakukan mengingat kanebo kurang efektif karena bahan materialnya yang kasar dan mampu membuat bekas goresan pada badan mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *