Berfikir Dinamis Melalui Pelatihan Manajemen

berfikir-dinamis-melalui-pelatihan-manajemen

Pelatihan manajemen merupakan sebuah hal yang sangat penting. Betapa tidak, management ini berperan dalam membuat sebuah organisasi atau perusahaan dapat terstruktur dengan baik dan menjadi solid. Manajemen sekaligus sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan serta pengontrolan sumber daya untuk mencapai tujuan dan sasaran dengan efektif dan efisien.

Efektif disini berarti bahwa tujuan bisa dicapai sesuai pada perencanaan. Sedangkan efisien bermakna bahwa sebuah tugas dilaksanakan dengan benar, terorganisir serta sesuai dengan jadwal. Oleh sebab itulah pelatihan manajemen menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Pelatihan Kecakapan Dalam Manajemen

Kecakapan dalam hal manajemen dapat dilatih dan ditingkatkan melalui sebuah agenda pelatihan manajemen secara berkala. Penguasaan ilmu manajemen yang baik akan membuat siapapun mampu bekerja dengan lebih sistematis dan terencana dengan baik. Selanjutnya adalah melengkapi pelatihan kecakapan dalam manajemen tersebut dengan kemampuan berfikir secara dinamis untuk pencapaian sasaran dan hasil yang lebih maksimal.

berfikir-dinamis-melalui-pelatihan-manajemen

Dinamis berasal dari kata dinamic yang berarti bergerak. Maknanya adalah melakukan perubahan selama periode waktu tertentu baik bersifat tetap maupun random. Indikasi kata dinamis adalah sesuatu yang berbeda antara masa terdahulu, sekarang dan yang akan datang.

Kemampuan berfikir secara dinamis baik ditanamkan sebagai karakter seseorang bahkan saat ini kemampuan berfikir secara dinamis ini layaknya kebutuhan yang harus dimiliki. Inilah sifat yang dimiliki oleh orang yang memiliki kemampuan berfikir secara dinamis:

  1. Bersungguh-sungguh dan cepat dalam berfikir maupun bertindak
  2. Tidak mau terlalu lama berdiam diri pada suatu persoalan
  3. Cepat menyesuaikan diri pada sebuah kondisi dan perubahan
  4. Memiliki dorongan untuk berbuat lebih baik bahkan untuk menghasilkan perbedaan yang unik dalam sebuah karya dan hal-hal lainnya
  5. Memiliki kemampuan menyerap pelajaran positif dibalik kekacauan
  6. Selalu berfikir didalam konteks kemampuan, peluang, kemungkinan dan menjauhi ketakutan akan pikiran tak mampu maupun keterbatasan
  7. Berupaya untuk memunculkan solusi dan alternatif dalam setiap masalah dan kendala untuk tujuan yang ingin dicapai

Melalui sejumlah sifat yang melekat erat sebagai ciri dari orang yang berfikir dinamis diatas, ada hikmah baik pula dibalik fikiran dinamis tersebut. Diantara hikmah dibalik berfikir dinamis melalui pelatihan manajemen tersebut adalah menjadikan kehidupan semakin stabil, menjunjung nilai-nilai kemanusiaan dan meningkatkan kesejahteraan hidup baik individu maupun sosial.

Pelatihan manajemen dan kemampuan berfikir dinamis memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja serta prestasi seseorang. Bisa dikatakan pula bahwa kemampuan dan kecakapan manajemen yang diiringi dengan kemampuan berfikir secara dinamis sangat berpengaruh dalam kesuksesan seseorang maupun perusahaan yang dikelolanya.

Dengan demikian, seseorang yang telah memperoleh pengetahuan tentang ilmu manajemen diharapkan mampu untuk mengatur strategi kerja dan berkontribusi supaya tujuan baiknya dapat diraih dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *