Begini Cara Mendaftar SIM Online 2020

Membuat SIM via online sekarang bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Zaman yang semakin canggih dan kemajuan pesat di bidang teknologi membuat kita mudah untuk melakukan berbagai hal. Dalam hal ini polisi sudah menyediakan layanan untuk membuat maupun memperpanjang SIM secara online bagi masyarakat Indonesia.

Dengan diberlakukannya pelayanan ini tentu sangat membantu memudahkan masyarakat, terutama masyakarat yang sibuk kerja sehingga sulit untuk datang langsung ke samsat apalagi untuk mendaftarkan diri. Dan tentu saja kamu bisa melakukannya melalui website atau aplikasi resmi dari Korlantas.

Namun yang sangat disayangkan adalah pembuatan SIM via online ini hanya berlaku bagi pengguna SIM A dan C saja. Selain kedua SIM tersebut masih diharuskan melakukan registrasi secara langsung.

Sebelum kamu melakukan pembuatan SIM secara online, kamu harus sudah memenuhi berbagai persyaratan yang tidak berbeda dengan persyaratan seperti kamu melakukan registrasi langsung.

Persyaratannya yaitu tentu kamu sudah harus berumur 17 tahun, mengisi formulir pendaftaran, KTP asli, dan dokumen keimigrasian bagi Warga Negara Asing. Jika kamu sudah memenuhi persyaratan, berikut langkah-langkah pembuatan SIM via online.

  1. Kamu harus membuka situs registrasi online-nya terlebih dahulu di sim.korlantas.polri.go.id
  2. Kamu bisa pilih ‘Pendaftaran SIM Online’ yang ada di halaman depan.
  3. Kemudian kamu harus mengisi data permohonan yang berisi jenis permohonan, golongan SIM, Polda asal, Satpas kedatangan untuk ujian.
  4. Setelah itu kamu juga harus mengisi data diri kamu secara lengkap termasuk Nomor Induk Kependudukan. Itulah salah satu alasan kenapa kamu harus berumur 17 tahun.
  5. Kemudian mengisi data keadaan darurat.
  6. Selanjutnya kamu bisa mengkonfirmasi data yang sudah kamu isi.
  7. Pilih metode pembayaran pembuatan atau perpanjangan SIM yang kamu inginkan.
  8. Pilih tanggal yang kamu bisa untuk datang ke Satpas yang sudah kamu pilih saat registrasi.
  9. Kemudian kamu bisa mengisi rekening pengembalian dana. Dana pendaftaran yang sudah kamu bayar dapat dikembalikan jika kamu mengundurkan diri atau tidak lolos ujian.
  10. Selanjutnya kamu bisa menyetujui pendaftaran SIM Online.
  11. Kemudian kamu bisa datang ke kantor Satpas yang sudah kam pilih saat registrasi dan datang sesuai dengan tanggal yang sudah kamu tentukan.
  12. Setelah itu kamu akan menjalani pemeriksaan kesehatan untuk mendapatkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani.
  13. Kemudian kamu akan difoto dan melakukan pengambilan sidik jari.
  14. Dan yang terakhir kamu akan mengikuti ujian praktek untuk menguji keterampilan dalam berkendara.

Tapi yang disayangkan lagi adalah tidak semua Satpas dapat menerima pembuatan SIM secara online seperti ini. Jadi, sebelum kamu melakukan pendaftaran, lebih baik kamu pastikan terlebih dahulu Satpas mana saja yang menyediakan layanan pembuatan SIM online

Pastikan juga semua kelengkapan dokumen berkendara sudah siap semua. Karena menurut sumber berikut, penerapan tilang menggunakan CCTV sudah mulai diberlakukan di beberapa lokasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *